AN ANALYSIS OF COMMUNICATION STRATEGIES USED BY ENGLISH TEACHERS OF MAN 1 BENGKULU

Fatonah, Rahmadani Siti and Sofyan, Dedi and Mei, Hardiah (2018) AN ANALYSIS OF COMMUNICATION STRATEGIES USED BY ENGLISH TEACHERS OF MAN 1 BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RAHMADANI SITI FATONAH (A1B014042) - SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fatonah, Rahmadani Siti. 2018. An Analysis of Communication Strategies Used by English Teachers of MAN 1 Bengkulu. Supervisor Dr. Dedi Sofyan, M.Hum and Co. Supervisor Mei Hardiah S. S. M.A. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan salah satu komponen dari kompetensi komunikasi (communicative competence) yakni strategi komunikasi (communication strategy) yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN 1 Bengkulu dan strategi yang dominan digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN Bengkulu. Subjek dari penelitian ini adalah tiga orang guru bahasa Inggris di MAN 1 Bengkulu. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif, data diperoleh dari hasil transkripsi rekaman video dan lembar observasi. Transkripsi diperoleh dari hasil rekaman video selama sembilan puluh menit setiap satu orang guru. Lembar observasi terdiri atas sub kategori dari strategi komuikasi berdasarkan teori Celce Murcia (1995), turus, angka, dan data. Sebuah rumus dari Sudijono (2010) untuk mencari persentase digunakan untuk menemukan srategi komunikasi mana yang dominan digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN 1 Bengkulu. Hasil dari analisis data meunjukkan bahwa tujuh dari total enam belas sub kategori strategi komunikasi tidak digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN 1 Bengkulu. Sub kategori dari strategi komunikasi yang digunakan oleh guru antara lain: restructuring (0.42%), nonverbal signals (6.30%), code switching (34.90%), using gambits/fillers/hesitation device (21.00%), self and other repetition (8.40%), self initiated repair (4.62%), self-rephrasing (2.94%), appeals for help (10.50%), and meaning negotiation (10.92%). Temuan tersebut menunjukkan bahwa strategi yang dominan digunakan oleh guru bahasa Inggris di MAN Bengkulu dalam berkomunikasi dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar adalah achievement or compensatory strategy dengan total persentase 41.62%. Keywords: communicative competence and communication strategy.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:21
Last Modified: 08 Aug 2023 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14323

Actions (login required)

View Item View Item