AN ANALYSIS OF LISTENING COMPREHENSION PROBLEMS FACED BY THE EIGHTH SEMESTER ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS OF UNIVERSITAS BENGKULU IN LISTENING SECTION OF TOEFL TEST

Buksin, Raini and Elfrida, Elfrida and Kasmaini, Kasmaini (2018) AN ANALYSIS OF LISTENING COMPREHENSION PROBLEMS FACED BY THE EIGHTH SEMESTER ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS OF UNIVERSITAS BENGKULU IN LISTENING SECTION OF TOEFL TEST. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RAINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Buksin, Raini. 2018. An Analysis of Listening Comprehension Problems Faced by the Eighth Semester English Education Study Program of Universitas Bengkulu in Listening Section of TOEFL Test. Supervisor Dra.Elfrida, M.Pd. and Co. Supervisor Kasmaini, S.S., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah komprehensi mendengar yang dihadapi oleh mahasiswa semester delapan Universitas Bengkulu di bagian mendengar di tes TOEFL. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester delapan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2017/2018 yang telah mengikuti tes TOEFL di Lab.Bahasa, FKIP, Universitas Bengkulu. Jumlah sampel adalah 65 dari 75 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen yang disebar melalui Google-form. Kuesioner tersebut terdiri dari 42 pernyataan yang mewakili 7 aspek masalah mendengarkan oleh Hamouda (2013). Penelitian ini menggunakan statistikal sederhana (persentase) untuk menganalisis data. Hasil analisis data menunjukan bahwa mayoritas mahasiswa mempunyai masalah di komprehensi mendengar dalam 7 aspek. Persentase rata-rata setiap aspek dari yang tertinggi ke terendah adalah masalah komprehensi mendengar berhubungan dengan konten dari teks, penutur, pendengar, ciri-ciri ilmu bahasa, disebabkan oleh kegagalan untuk berkonsentrasi, keadaan tempat dan berhubungan dengan sifat kejiwaan. Mahasiswa sering menghadapi berbagai macam masalah mendengar di tes TOEFL seperti, kehilangan fokus karena rendahnya kualitas dari perekam, pengenalan pengucapan oleh pendengar atau mahasiswa, bentuk singkatan di ciri�ciri ilmu kebahasaan, ketidak mampuan mahasiswa dalam memahami teks dan bunyi yang tidak jelas. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester delapan di program studi Pendidikan Bahasa Inggris masih memiliki kesulitan atau masalah komprehensi mendengar meskipun mereka adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Kata Kunci: Masalah komprehensi mendengar, TOEFL Preparation.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:21
Last Modified: 08 Aug 2023 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item