STUDENTS’ DIFFICULTIES IN STUDYING LISTENING: THE STUDY OF 4TH SEMESTER ENGLISH DEPARTMENT OF UNIVERSITAS BENGKULU

Veronika, Serly and Mulyadi, Mulyadi and Elfrida, Elfrida (2018) STUDENTS’ DIFFICULTIES IN STUDYING LISTENING: THE STUDY OF 4TH SEMESTER ENGLISH DEPARTMENT OF UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi PDF serly veronika(A1B014066).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Veronika, Serly. 2018. Students’ Difficulties in Studying Listening: The Study of 4th Semester English Department of Universitas Bengkulu. Supervisor Drs. Mulyadi, M.A. and Co. Supervisor Dra. Elfrida, M.pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dalam listening dan kesulitan yang paling dominan yang dihadapi oleh mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa inggris di Universitas Bengkulu. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2017/2018. Sampel dari penelitian ini sebanyak 78 mahasiswa. Metode dari penelitian ini adalah metode kuantitatif dan data dikumpulkan dengan menggunakan tes listening, kuesioner, dan wawancara sebagai instrumen. Tes listening terdiri dari 30 soal, sementara kuesioner terdiri dari 30 item yang mana di adaptasi dari penelitian Hamouda (2013) tentang factor kesulitan pada listening. Wawancara terdiri dari 2 pertanyaan. Faktor-faktor penting yang mempengaruhi listening terkait dengan teks adalah bahasa gaul, ungkapan idiom, kata yang tidak dikenal, dan teks panjang. Para siswa juga menghadapi berbagai masalah listening yang mungkin terkait dengan isi teks pendengaran seperti: struktur tata bahasa yang rumit, atau karakteristik psikologis seperti kurangnya minat. Masalah-masalah ini juga bisa berhubungan dengan pendengar atau pembicara seperti ketika dia menghadapi kesulitan untuk mengenali kata-kata yang dia tahu karena cara mereka diucapkan, atau kesulitan untuk memahami pidato yang penuh dengan keraguan dan jeda. Kategori kesulitan listening paling dominan yang dihadapi siswa adalah materi listening dengan persentase 80,51%. Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Belajar listening

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:19
Last Modified: 08 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item