ANALISIS PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Faizah, Dini and Utomo, Padi and Arifin, Arifin (2018) ANALISIS PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dini Faizah. 2018. Analisis Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing I Drs. Padi Utomo, M.Pd., Pembimbing II Drs. M. Arifin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenjang dan macam-macam pertanyaan yang diajukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 SMP 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan oleh peneliti yakni metode deskriptif kualitatif melalui observasi dan dokumentasi (rekam dan catat). Analisis kemunculan jenjang pertanyaan menggunakan ranah kognitif Taksonomi Anderson, jenjang tersebut yakni mengingat (C-1), memehami (C-2), menerapkan (C-3), menganalisis (C-4), mengevaluasi (C-5), berkreasi (C-6) dan macam�macam pertanyaan menurut tujuan, sifat, dan cara. Kemunculan pertanyaan guru pada kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 dalam 8 kali pertemuan berjumlah 62 pertanyaan. Jumlah jenjang ranah kognitif yang diajukan guru adalah C-1 berjumlah 14 jenjang, C-2 berjumlah 40 jenjang, C-3 berjumlah 1 jenjang, C-4 berjumlah 4 jenjang, C-5 berjumlah 3 jenjang, dan C-6 berjumlah 0 jenjang. Jumlah jenjang pertayaan yang sering diajukan oleh sguru ialah jenjang C-2 (memahami) dan banyaknya macam pertanyaan yang diajuakan menurut cara ialah pertanyaan menggali. Sedangkan pertanyaan siswa sebanyak 7 pertanyaan. Jumlah jenjang ranah kognitif yang diajukan oleh siswa adalah C-1 berjumlah 0 jenjang, C-2 berjumlah 5 jenjang, C-3 berjumlah 2 jenjang, C-4 berjumlah 0 jenjang, C-5 berjumlah 0 jenjang, dan C-6 berjumlah 0 jenjang. Jumlah jenjang pertayaan yang sering diajukan oleh siswa ialah jenjang C-2 (memahami) dan banyaknya macam pertanyaan yang diajuakan menurut cara ialah pertanyaan menggali. Pertanyaan lebih sering diajukan oleh guru dari pada siswa dan pertanyaan sering muncul pada kegiatan pendahuluan dari pada kegiatan inti. Kemunculan-kemunculan pertanyaan tersebut belum berurutan sesuai dengan tingkatan ranah kognitif Taksonomi Anderson. Kata kunci: Pertanyaan, macam-macam pertanyaan, Taksonomi Anderson.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:50
Last Modified: 08 Aug 2023 03:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item