PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GABUNGANNYADENGANTAKE AND GIVEPADA MATERI SISTEM KOLOID

GRACE AUNIKE MARPAUNG, ASTINI (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GABUNGANNYADENGANTAKE AND GIVEPADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Tesis)
skripsi astini grace aunike marpaung (A1F012034).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran gabungan Problem Based Learning (PBL) dan Take And Give pada materi sistem koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Bengkulu dan sampel adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran gabungan Problem Based Learning (PBL) dan Take And Give. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan postest. Pada kelas eksperimen 1 nilai rata- rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 45,48, sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 54,22. Melalui serangkaian uji statistik di lakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (α = 0,01) diperoleh t hitung = 3,6348 dan t tabel = 2,3890. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran gabungan Problem Based Learning (PBL) dan Take And Give pada materi sistem koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Model PBL, Model Take And Give, Sistem Koloid, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 09 Nov 2017 07:25
Last Modified: 09 Nov 2017 07:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14371

Actions (login required)

View Item View Item