ANALISIS INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Lisa, Junita Lisdia and Ariesta, Ria and Agus, Joko Purwadi (2018) ANALISIS INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI JUNITA LISDIA LISA (A1A014040).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lisa, Junita Lisdia. 2018. Analisis Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing I Dr. Ria Ariesta, M.Pd., Pembimbing II Drs. Agus Joko Purwadi, M.Pd. Kata Kunci : Interaksi, Guru dan siswa, Respon Murid (Pupil Respons (PR), Pertanyaan Guru (Teacher Questions (TQ), Dua Arah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi antara guru dan siswa yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu, dengan menggunakan analisis interaksi BIAS (Brown Interaction Analysis System). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa di kelas. Objek penelitian adalah interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini: (1) transkripsi data, (2) kode data, (3) pengidentifikasian data, (4) pengklasifikasian data, (5) kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecenderungan kategori yang muncul pada kegiatan pembelajaran di kelas VII B dan VII C memiliki perbedaan. Kedua kategori ini selalu terlihat pada setiap kegiatan pembelajaran yaitu pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran. Berdasarkan tujuh kategori Brown kategori yang cenderung muncul di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII B adalah kategori respon siswa (Pupil Respons (PR) siswa lebih banyak berbicara baik berkomentar atau bertanya, interaksi yang terjadi adalah interaksi dua arah, hal ini berkaitan dengan keterampilan berbicara dan karakteristik materi yang diajarkan. Sedangkan di kelas VII C kategori yang cenderung muncul adalah kategori pertanyaan guru (Teacher Questions (TQ) yaitu guru yang lebih dominan mengajukan pertanyaan kepada siswa, interaksi yang terjadi adalah interaksi dua arah, karena ketika guru mengajukan pertanyaan beberapa siswa menjawab pertanyaan guru tersebut namun hanya sebatas antara guru dengan siswa atau siswa dengan guru, interaksi yang terjadi berkaitan dengan karakteristik materi yang diajarkan dan keterampilan yang harus dicapai oleh siswa setelah pembelajaran selesai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah karakteristik materi yang diajarkan di kelas VII B dan VII C berbeda, begitu juga dengan keterampilan yang harus dicapai namun kedua kelas tersebut di dalam proses pembelajaran interaksi yang mendominasi terjadi sama-sama bersifat dua arah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:07
Last Modified: 08 Aug 2023 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item