PENGGUNAAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG BERSUMBER DARI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA GURU KELAS VIII DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU

Oktasari, Maya and Gumono, Gumono and Arono, Arono (2018) PENGGUNAAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG BERSUMBER DARI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA GURU KELAS VIII DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Oktasari, Maya, 2018. Penggunaan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bersumber dari Information Communication and Technology (ICT) di Kelas VIII SMP Negeri Kota Bengkulu.Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing: (I) Dr. Gumono, M.Pd., (II) Dr. Arono, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan materi pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Bengkulu.Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif.Data dalam penelitian ini berupa kuisioner.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu kuisioner. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti terdapat enam atau 75% guru menggunakan internet dalam mencari materi tambahan puisi dan drama. Dari tiga belas materi yang ada di silabus kelas VIII terdapat enam materi yang benar-benar mendapatkan materi tambahan melalui TIK, yaitu materi unsur-unsur pembentuk atau pembangun teks puisi, jenis�jenis puisi, teknik menulis puisi, teknik membaca puisi, unsur-unsur drama, dan cara menulis drama. Adapun laman-laman web yang sering digunkan guru disetiap materi pelajaran puisi dan drma yaitu, portal rumah belajar, portal ruang guru dan blogsop.com. Kata kunci: Materi Pelajaran Bahasa Indonesia, TIK dan Materi Sastra.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:25
Last Modified: 08 Aug 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14381

Actions (login required)

View Item View Item