STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENERAPKAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN KONVENSIONAL DI KELAS VII SMPN 4 KOTA BENGKULU

Fernando, Okta and Suhartono, Suhartono and Agus, Joko Purwadi (2018) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENERAPKAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN KONVENSIONAL DI KELAS VII SMPN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_OKTA FERNANDO_A1A014034.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Fernando, Okta. 2018. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis Pantun dengan Menerapkan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Konvensional di Kelas VII SMPN 4 Kota Bengkulu. Pembimbing Utama Dr. Suhartono, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Drs. Agus Djoko Purwadi, M.Pd. Program Studi Pendidikan S1 Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Menulis Pantun Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Model Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas VII SMPN 4 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan bentuk desain Quasi Eksperimental dengan menggunakan intact-group comparison. Data dalam penelitian ini adalah deskripsi hasil tes kemampuan menulis pantun kelas eksperimen (model CIRC) dan kelas kontrol (model Konvensional). Penelitian ini dilakukan secara bergantian antara dua kelas VII 5 ( kelas eksperimen) dan VII 6 ( kelas kontrol) yang semuanya berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus t-test terdapat perbedaan perhitungan dan temuan pada kemampuan menulis pantun siswa menggunakan model CIRC dan menggunakan model konvensional, uji t-test diperoleh hasil t�hitung 2,63. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen (menggunakan model CIRC) yang diperoleh siswa sebesar 90,5, masuk dalam kategori sangat baik dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol (model konvensional) yang diperoleh siswa sebesar 79,4, masuk dalam kategori baik, sehingga terdapat nilai rata-rata selisih antara kedua model senilai 9,8 pada hasil tes siswa. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Pantun, Model CIRC

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 09:03
Last Modified: 08 Aug 2023 09:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14391

Actions (login required)

View Item View Item