ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA LAYANAN PESAN SINGKAT YANG DIKIRIM MAHASISWA KEPADA DOSEN PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

Pitriyani, Pitriyani and Wardhana, Dian Eka Chandra and Marina, Siti Sugiyati (2018) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA LAYANAN PESAN SINGKAT YANG DIKIRIM MAHASISWA KEPADA DOSEN PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_PITRIYANI_A1A013003.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pitriyani. 2017. Analisis Kesantunan Berbahasa pada Layanan Pesan Singkat yang dikirim Mahasiswa Kepada Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing 1 Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd., Pembimbing II Dra. Marina Siti Sugiyati, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi skala kesantunan dan mendeskripsikan fungsi tuturan kesantunan pada layanan pesan singkat yang dikirim mahasiswa kepada dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujaran berupa layanan pesan singkat (SMS) yang dikirim mahasiswa kepada dosen sedangkan sumber data dalam penelitian ini berupa interaksi mahasiswa dan dosen ketika melakukan layanan pesan singkat atau ber-sms dari bulan Juli 2016 – Juli 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah skala kesantunan berbahasa yang ditemukan pada layanan pesan singkat yang dikirim mahasiswa kepada dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu skala jarak sosial, skala pilihan, skala ketidaklangsungan, dan skala kerugian dan keuntungan. Kemudian fungsi tuturan kesantunan dalam layanan pesan singkat yang dikirim mahasiswa kepada dosen diperoleh yaitu fungsi menyatakan informasi, meminta pendapat, menyatakan perjanjian, meminta keterangan, dan meminta pengakuan. Kata Kunci: Analisis, Kesantunan Berbahasa, Layanan Pesan Singkat (SMS).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:41
Last Modified: 09 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item View Item