IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH KELAS XI

Dharma, Purnamasari Vidya and Ariesta, Ria and Agus, Joko Purwadi (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH KELAS XI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi baru.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Purnamasari Vidya Dharma. 2014. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah Kelas XI. Skripsi Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama. Dr. Ria Ariesta, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Drs. Agus Joko Purwadi, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis teks yang telah dilakukan dan dilaksanakan oleh guru di kelas XI IPS dan IPA di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI IPS 4, IPS 5, IPA 3, IPA 4, dan siswa di kelas XI IPS 4, IPS 5, IPA 3, dan IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat rancangan pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung, yaitu RPP. Pelaksanaan pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan di kelas tidak seluruhnya terlaksana sesuai rancangan. Tahap pembelajaran yang terdiri kegiatan membangun konteks, pemodelan, menyusun teks secara berkelompok, dan menyusun teks secara mandiri. Dari keempat tahapan pembelajaran tersebut yang dilaksanakan oleh kedua guru sesuai rancangan ada dua tahapan, yaitu membangun konteks dan pemodelan. Pada tahapan menyusun teks secara berkelompok dan menyusun teks secara individu pada pelaksanaannya belum sesuai rancangan. Dilihat dari alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran yang singkat dan adanya kegiatan sekolah, pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dilaksanakan dengan kurang efektif. Kata kunci : Implementasi, pembelajaran, berbasis teks.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:41
Last Modified: 09 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14395

Actions (login required)

View Item View Item