PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULLS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Sandy, A'isyah Mutia and Purwadi, Agus Joko and Arono, Arono (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULLS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi a’isyah (A1A017070).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (61MB)

Abstract

ABSTRAK A'isyah Mutia Sandy, 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Menulls Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs. Agus Joko Purwadi, M. Pd. Pembimbing Pendamping Dr. Arono, M. Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiman pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G dan siswa kelas VII H SMP N 2 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data kualitatif ada empat tahap yaitu, pengumpulan data, merangkum data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit, yang mana pada pertemuan pertama siswa mengamati sebuah teks cerita fantasi dan pertemuan kedua siswa mengamati video cerita fantasi. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan tiga tahap pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan yaitu menarik perhatian peserta didik dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik, guru mengecek kehadiran siswa, menimbulkan motivasi belajar peserta didik, mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang, kegiatan inti yang mana di dalam pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan pendekatan saintifik yang mempunyai beberapa tahap yaitu mengamati teks cerita fantasi, mengumpulkan informasi dari apa yang diamati, mengolah informasi berdasarkan tugas yang diberikan guru dan kesimpulan dilaksanakan oleh guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP N 2 Kota Bengkulu, dan kegiatan penutup yang dilakukan hanya dengan mengucapkan salam dikarenakan keterbatasan waktu. Diakhir pembelajaran guru memberi penilaian pada hasil pembelajaran berdasarkan krtiteria penilaian yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Menulis, Cerita Fantast

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:36
Last Modified: 16 Aug 2023 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item