PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT)BERBENTUK POWERPOINTDALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA DINI (Penelitian Research and Development)

Karlina, Ice and Kurniah, Nina and Ardina, Mona (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT)BERBENTUK POWERPOINTDALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA DINI (Penelitian Research and Development). Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam pembelajaran sains anak usia dini yang berbentuk powerpoint dengan subtema buah-buahan. Metode yang digunakan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model Borg dan Gall. Subjek penelitian terdiri dari satu orang guru dan sepuluh orang anak kelompok A untuk uji coba kelompok kecil, sedangkan untuk uji coba kelompok besar pada dua orang guru dengan dua kelas yang masing-masing mempunyai sembilan orang anak. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif serta data kuantitatif melalui wawancara dan skala penilaian. Untuk sampai kebentuk media yang efektif ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti teks yang dikenalkan kepada anak diawali dengan huruf kecil bukan huruf kapital, ejaan tulisan yang dibuat dalam media dimunculkan per huruf karena pada anak-anak kelas awal pengenalan kata lebih mudah dilakukan dengan mengeja per huruf. Kemudian gambar yang disisipkan tidak terlalu banyak dan animasi yang terlalu besar dapat mengganggu fokus dan konsentrasi anak terhadap materi yang ditampilkan. Serta warna tulisan, ukuran tulisan harus diperbesar dengan warna yang cerah sehingga tidak menyulitkan anak untuk mengeja teks yang disajikan. Selain itu pemilihan video disesuaikan dengan materi dan tujuan media, sehingga hasil penelitian ini berwujud produk media berbasis ICT berbentuk powerpoint yang layak digunakan guru dalam pembelajaran sains untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:51
Last Modified: 14 Nov 2017 08:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14434

Actions (login required)

View Item View Item