INTERACTIONAL METADISCOURSE MARKERS IN READING PASSAGES FOR SENIOR HIGH SCHOOL PUBLISHED BY ERLANGGA AND KEMENDIKBUD

Verasela, Desy and Azwandi, Azwandi and Kasmaini, Kasmaini (2022) INTERACTIONAL METADISCOURSE MARKERS IN READING PASSAGES FOR SENIOR HIGH SCHOOL PUBLISHED BY ERLANGGA AND KEMENDIKBUD. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DESY VERASELLA A1B016014.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Verasela, Desy. (2022). Interactional Metadiscourse Markers In Reading Passages For Senior High School Published by Erlangga and Kemendikbud. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kategori penanda metadiscourse interaksional yang paling banyak ditemukan dalam buku teks bahasa Inggris, penanda metadiscourse interaksional yang sering ditemukan dalam genre teks dan menyelidiki perbedaan dan persamaan penggunaan penanda metadiscourse interaksional dalam buku teks bahasa Inggris yang diterbitkan oleh Erlangga dan Kemendikbud. Tabel checklist dan dokumentasi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode deskriptif kuantitatif. Peneliti menyajikan data dalam bentuk numerik dan deskriptif. Data dianalisis dengan kerangka yang diusulkan oleh Hyland (2005). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanda metadiscourse interaksional yang paling sering digunakan dalam buku teks adalah hedges. Ditemukan juga bahwa sebagian besar penanda metadiscourse interaksional ditemukan dalam teks hortatory exposition. Lebih lanjut, temuan tersebut menunjukkan bahwa metadiscourse interaksional lebih banyak muncul di buku Erlangga daripada di Kemendikbud. Dapat disimpulkan bahwa bahan bacaan dalam buku teks Erlangga lebih variatif dan lebih banyak menggunakan penanda metadiscourse interaksional. Dapat direkomendasikan bahwa peneliti masa depan dapat menganalisis lebih lanjut penggunaan penanda metadiscourse yang tepat di bawah korpus serupa untuk menganalisis materi bahasa Inggris terbaru dalam buku teks untuk menemukan studi terbaru yang akan mengarah pada temuan kontributif lebih update di ranah metadiscourse. Kata kunci: Buku teks bahasa Inggris, bacaan, genre teks, penanda metadiscourse interaksional.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:50
Last Modified: 09 Aug 2023 08:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item View Item