AN ANALYSIS OF ENGLISH TEST ITEMS IN THE FINAL EXAMINATION AT SMPN 15 KOTA BENGKULU

Pusantri, Eli and Mulyadi, Mulyadi and Muhammad, Fadhli (2022) AN ANALYSIS OF ENGLISH TEST ITEMS IN THE FINAL EXAMINATION AT SMPN 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ELI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pusantri, Eli.2022. An Analysis of English Test Item in the Final Examination at SMPN 15 Kota Bengkulu Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Soal Ujian Akhir Sekolah pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP N 15 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Di kuantitatif, yaitu untuk menganalisis proporsi nilai akhir sekolah yang ditinjau dari taksonomi bloom dan ditinjau dari tingkat kesulitan, daya pembeda, dan efisiensi distraktor. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kuantitatif, karena data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa angka-angka dan penelitian ini adalah bukan untuk menerima atau menolak hipotesis, melainkan untuk menjelaskan kondisi yang ada sesuai dengan keadaan butir-butir dalam soal ujian akhir yang diperiksa. Data teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Analisis data di bentuk analisis butir soal dilakukan dengan menggunakan program Anates versi 4.0.9. Setelah menganalisis data peneliti menemukan 50 pilihan ganda Final Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP N 15 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021 ditinjau dari : a). Hasil penelitian dan analisis data berdasarkan Taxonomy Bloom pada Soal Ujian Akhir Sekolah pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 15 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2021/2022 menunjukkan bahwa dari 50 soal pilihan ganda terdapat 11 butir (22%) kategori Mengingat (C1 ), 24 item (48%) kategori pemahaman (C2), 9 item (18%) kategori menerapkan (C3), 5 item (10%) kategori menganalisis (C4), 0 item (0%) kategori mengevaluasi (C5), dan 1 item (2%) kategori menciptakan (C6) b) Tingkat kesulitan 0 item sangat sulit, 0 item sulit, 13 item (26%) diinginkan, 15 item (30%) mudah, dan 22 item (44% ) sangat mudah. c) Daya pembedanya adalah 17 item (34%) sangat buruk, 19 item (38%) buruk, 10 item (20%) memuaskan, 4 item (8%) baik, dan 0 item (0%) sangat baik. d) Efisiensi pengecoh adalah 0 item (0%) sangat baik, 0 item (0%) baik, 6 item (12%) rata-rata, 44 item (88%) buruk, dan 0 item (0%) sangat buruk. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Materi Ujian Akhir Sekolah Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smp N 15 kota bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah cukup baik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pertanyaan yang tidak baik seharusnya diganti dengan soal baru, soal yang kurang bagus perlu direvisi menjadi digunakan kembali, dan soal yang baik dapat dimasukkan ke dalam bank soal. Keywords : Butir Soal, Ujian Akhir, Bloom Taksonomi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:50
Last Modified: 09 Aug 2023 08:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item View Item