AN ANALYSIS OF SOCIAL DEIXIS USED IN CRAZY RICH ASIAN MOVIE

Nuryadina, Amelianti Maghfira and Damayanti, Indah and Kasmaini, Kasmaini (2022) AN ANALYSIS OF SOCIAL DEIXIS USED IN CRAZY RICH ASIAN MOVIE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_AMELIANTI MAGHFIRA NURYADINA_AN ANALYSIS OF SOCIAL DEIXIS USED IN CRAZY RICH ASIAN MOVIE_.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (589kB)

Abstract

ABSTRAK Nuryadina, A.M. 2022. Analisis Deiksis Sosial yang Digunakan dalam Film Crazy Rich Asian. Dosen Pembimbing Indah Damayanti, S.S M.R,S. dan Dosen Pembimbing Pendamping Kasmaini, S.S., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kategori-kategori deiksis sosial dalam Film Crazy Rich Asian dengan menggunakan teori Fillmore (1989) dan untuk menganalisis penggunaan deiksis sosial dalam Film Crazy Rich Asian dengan menggunakan teori Levinson (1983). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif karena mendeskripsikan deiksis sosial berdasarkan ujaran- ujaran dalam naskah film. Data dikumpulkan dari naskah film Crazy Rich Asian dan menonton film Crazy Rich Asian untuk memperkuat tuturan dalam naskah film. Tabel disediakan oleh peneliti sebagai instrumen untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Dalam penelitian ini, temuan pertama menunjukkan 122 ucapan kategori deiksis sosial dengan 6 kategori deiksis ditemukan dalam film ini dan terdiri dari 10 ucapan tanda orang, 11 ucapan tingkat bicara, 4 ucapan perbedaan, 43 ucapan kehormatan, 33 ucapan tindakan sosial dan 5 ucapan kinerja linguistik. Temuan kedua menunjukkan 67 ucapan menggunakan deiksis sosial dan terdiri dari 48 ucapan keintiman, 15 ucapan kesantunan dan 4 ucapan otoritas. Berdasarkan data di atas, tampaknya deiksis sosial dapat menggambarkan penggunaan honorifik dan keintiman sebagai yang paling banyak digunakan dalam film ini. Hal ini mencerminkan bahwa meskipun tokoh-tokohnya kaya dan hidup di negeri barat, mereka tetap berusaha melestarikan bentuk dan norma ketimuran dari akarnya, yang banyak memiliki nilai-nilai tentang keutamaan berbakti, sopan santun, dan kejujuran. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian tentang analisis deiksis sosial di media lain seperti talk show, bagian komentar platform, atau dalam iklan dengan menggunakan teori deiksis sosial lain dan menggabungkan bidang semantik dengan yang lain. Seperti sosiolinguistik, wacana, atau sebagainya. Kata kunci: Deiksis, Deiksis Sosial, Film.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:50
Last Modified: 09 Aug 2023 08:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item View Item