PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SAAT PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Berlian, Ocsis and Gumono, Gumono and M., Arifin (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SAAT PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI BERLIAN OCSIS (A1A017001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ocsis, Berlian. 2022. Problematika Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Google Classroom Saat Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing 1 Dr. Gumono, M.Pd., Pembimbing II Drs. M. Arifin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan Google Classroom saat pandemi Covid-19 pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa data yang didapat melalui hasil angket siswa dan sumber data dalam penelitian ini adalah 54 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket semi terbuka. Teknik analisis data mengadaptasi dari teori Arikunto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dialami oleh siswa pada tahap perencanaan terdapat pada apersepsi dalam pembelajaran yang memiliki persentase sebesar 48 %, artinya pada indikator perencanaan pembelajaran belum dilaksanakan dengan baik karena guru tidak sering melakukan apersepsi mengenai materi yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya dan materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya. Selanjutnya problematika pada tahap pelaksanaan terdapat siswa yang sulit memahami materi memiliki persentase sebesar 55,6 %, artinya pada indikator pelaksanaan belum dilaksanakan dengan maksimal karena kurangnya antusias dan pengetahuan siswa terhadap materi yang telah diberikan. Kemudian problematika pada tahap evaluasi memliki persentase sebesar 37 %, artinya pada indikator evaluasi belum dilaksanakan dengan baik karena respon siswa tidak lengkap dan lambat yang disebabkan oleh kendala sinyal yang kurang bagus serta membuat proses evaluasi menjadi terganggu. Kata Kunci: Problematika Pembelajaran, Menulis Teks Eksposisi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:37
Last Modified: 09 Aug 2023 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

View Item View Item