PELAKSANAAN METODE PENUGASAN (RESITASI) DALAM MENGANALISIS DAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Handika, Maya and Arifin, M. and Noermanzah, Noermanzah (2022) PELAKSANAAN METODE PENUGASAN (RESITASI) DALAM MENGANALISIS DAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
MAYA HANDIKA A1A017093.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Maya Handika. 2022. Pelaksanaan Metode Penugasan (Resitasi) dalam Menganalisis dan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kota Bengkulu pada Masa Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Dr. M. Arifin, M.Pd., Pembimbing Pendamping Dr. Noermanzah, M.Pd. Penelitian ini menjadi upaya peneliti untuk melihat pelaksanaan metode penugasan (resitasi) dalam menganalisi dan menulis teks laporan hasil obsevasi pada masa pandemi Covid-19 dengan pembelajaran bertatap muka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode penugasan (resitasi) dalam menganalisis dan menulis teks laporan hasil observasi di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi. Analisis data dilaksanakan dengan reduksi data, pengajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan metode penugasan (resitasi) ada tiga langkah yaitu fase pemberian tugas, langkah pelaksanaan tugas, dan fase mempertanggungjawabkan tugas. Fase pemberian tugas yaitu guru memberikan tugas kelompok maupun individu, memberikan sumber tugas, menyampaikan tugas. Langkah pelaksanaan tugas yaitu mengerjakan tugas, memberikan arahan, dan memberikan pengawasan. Fase mempertanggungjawabkan tugas berupa laporan lisan dan laporan tertulis. Kata kunci: pelaksanaan metode penugasan, analisis, menulis, teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:37
Last Modified: 09 Aug 2023 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14454

Actions (login required)

View Item View Item