PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN SISTEM BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IX SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Putri, Meidiah Nurdiana and Ariesta, Ria and Noermanzah, Noermanzah PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN SISTEM BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IX SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi - Meidiah Nurdiana Putri - A1A017107.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masih terdapat permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan sistem Blended Learning terutama dalam memanfaatkan Zoom Meeting, Google Classroom dan pembelajaran luring. Untuk itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran Blended Learning pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian survei dengan desain Cross�Sectional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner semi tertutup. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang yaitu 22% dari jumlah populasi sebesar 180. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, menghitung persentase, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat problematika yang dialami siswa kelas IX SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yaitu problematika pembelajaran Bahasa Indonesia dengan sistem daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting sebesar 47% dengan kategori rendah. Problematika yang paling dominan yaitu kesulitan siswa dalam berinteraksi menggunakan Zoom Meeting; problematika pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Google Classroom sebesar 39% dengan kategori rendah yang paling dominan yaitu kesulitan dalam mengakses internet pada pembelajaran menggunakan Google Classroom. Sedangkan problematika pembelajaran Bahasa Indonesia secara Luring sebesar 39% dengan kategori rendah yang paling dominan yaitu kesulitan memahami materi yang singkat dan terbatas. Kata kunci : Problematika Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Blended Learning, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:57
Last Modified: 10 Aug 2023 01:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item