PROBLEMS IN PRONUNCING ENGLISH WORD STRESS OF PROSPECTIVE ENGLISH TEACHERS (A CASE STUDY OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS)

Apriani, Anggi and Hardiah, Mei and Azhar, Aziz Lubis (2022) PROBLEMS IN PRONUNCING ENGLISH WORD STRESS OF PROSPECTIVE ENGLISH TEACHERS (A CASE STUDY OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI - ANGGI APRIANI - A1B018049.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Apriani, A. (2022). Problems in Pronuncing English Word Stress of Prospective English Teacher (A Case Study of English Education Study Program Students). Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dengan bahasa Inggris sebagai bahasa asing mengalami kesulitan dalam pelafalan penekanan kata. Calon guru bahasa Inggris membutuhkan pengetahuan tentang pelafalan kata yang benar terkait pekerjaannya di masa depan, yaitu menjadi guru bagi siswa. Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kemampuan siswa dalam pelafalan penekanan kata, dengan penutur asli sebagai referensinya. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini karena bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghitung pelafalan tekanan kata dalam bentuk statistik menggunakan Aplikasi Praat. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor antara siswa dan penutur asli dengan rentang nilai keseluruhan berkisar antara 1-504 poin. Kata “Januari” menjadi kata yang paling sulit untuk diucapkan penekanan katanya. Sebanyak 76,9% siswa memiliki skor nada berada pada rentang >0.100. Sementara itu, kata yang dianggap paling mudah untuk diucapkan di antara 10 kata secara keseluruhan adalah kata "Teknologi". Hal ini dikarenakan hanya 15.3% atau 2 skor nada yang memiliki rentang skor nada >0,100. Peneliti menyimpulkan bahwa siswa sebagai calon guru bahasa Inggris mengalami kesulitan dalam mengucapkan tekanan kata pada kata yang berjumlah 4 suku kata. Hal ini dibuktikan dengan tingginya rentang skor nada antara penutur asli dan siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk lebih fokus pada aspek atau faktor yang mempengaruhi pelafalan penekanan kata oleh siswa. Kata kunci:pelafalan, tekanan kata, dan calon guru bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:57
Last Modified: 10 Aug 2023 01:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14469

Actions (login required)

View Item View Item