LEARNER AUTONOMY LEVEL BASED ON LANGUAGE LEARNING DIMENSION OF 3RD SEMESTER STUDENTS IN THE SPEAKING FOR DISCUSSION CLASS AT BENGKULU UNIVERSITY

Ningrum, Dinda Fiola and Sabarudin, Syafrizal and Kasmaini, Kasmaini (2022) LEARNER AUTONOMY LEVEL BASED ON LANGUAGE LEARNING DIMENSION OF 3RD SEMESTER STUDENTS IN THE SPEAKING FOR DISCUSSION CLASS AT BENGKULU UNIVERSITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS FIX DINDA FIOLA NINGRUM-A1B018039.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Ningrum, Dinda Fiola. (2022). Learner Autonomy Level Based on Language Learning Dimension of 3rd Semester Students in Speaking for Discussion Class at Bengkulu University. Undergraduate Thesis. English Education Study Program of Language and Art Department. Faculty of Teacher Training and Education. University of Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat otonomi pembelajar berdasarkan dimensi pembelajaran bahasa mahasiswa semester 3 pada kelas speaking for discussion khususnya di Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik total sampling yang melibatkan 114 mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu tahun ajaran 2020. Instrumen penelitian ini adalah angket yang diadaptasi dari Gholami (2016) yang disumbangkan melalui google form yang terdiri dari 43 pernyataan dengan empat pilihan jawaban: selalu benar, sebagian besar benar, jarang benar, dan tidak pernah benar. Dari 114 populasi, t80 responden yang mengembalikan kuesioner.. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata dari setiap dimensi adalah 2.69. Hal ini berarti mahasiswa semester 3 di kelas Speaking for Discussion dikategorikan pada level Autonomous berdasarkan dimensi-dimensi pembelajaran bahasa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 pada kelas Speaking for Discussion telah berada pada tingkat autonomous yang menunjukkan mereka sudah mandiri ketika belajar di kelas Speaking for Discussion. Dari hasil yang telah didapatkan, disarankan kepada dosen-dosen untuk memberikan metode yang sesuai dengan mahasiswa agar dapat menjaga serta meningkatkan tingkat kemandirian siswa. Kata kunci: Tingkat Kemandirian Siswa, Kelas Berbicara untuk Berdiskusi, Dimensi Pembelajaran Bahasa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:56
Last Modified: 16 Aug 2023 08:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item View Item