ANALYSING 7th SEMESTER S TUDENTS’ DIFFICULTIES ON PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL ASPECTS DURING TEACHING PRACTICUM AT SMP N 10 BENGKULU CITY

Alfianty, Fifi and Mulyadi, Mulyadi and Alamsyah, Harahap (2022) ANALYSING 7th SEMESTER S TUDENTS’ DIFFICULTIES ON PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL ASPECTS DURING TEACHING PRACTICUM AT SMP N 10 BENGKULU CITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Fifi Alfianty-S1 Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik mengajar adalah pembelajaran akhir bagi masiswa keguruan pada sebuah Universitas. Praktik mengajar adalah tempat bagi mahasiswa keguruan untuk mengimplementasikan teori-teori yang telah ia pelajari di Universitas. Mereka di tempatkan pada suatu sekolah kurang lebih selama dua bulan. Saat praktik mengajar berlangsung, mahasiswa keguruan menghadapi langsung suasasa kelas, kondisi, dan siswa-siswa. Mereka juga melaksanakan tugas seperti seorang guru. Kurangnya pengalaman praktik mengajar bagi mahasiswa keguruan memungkinkan mereka menghadapi kesulitan. Mahasiswa keguruan di masa mendatang akan menjadi seorang guru dan harus memiliki kualifikasi kompetensi mengajar. Hal menjadi landasan bagi peneliti untuk mengambil topik kesulitan mahasiswa magang selama praktik pada aspek pedagogi dan professional dengan alasan aspek pedagogi dan professional lebih berkaitan langsung kepada mahasiswa keguruan saat mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tematik analisis untuk mengurutkan data. Partisipan penelitian ini adalah mahasisa magang dan guru bahasa Inggris di SMP N 10. Oleh sebab itu penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang telah dilakukan pada bulan Desember tahun 2021 – Januari 2022. Data dari penelitian telah melalui proses trinagulasi untuk menguji keabsahan data. Secara singkatnya, hasil dari penemuaan kesulitan mahasiswa keguruan selama praktik mengajar yaitu : 1. Kesulitan pada aspek pedagogi meliputi : pemahaman karakteristik siswa, identifikasi potensi siswa, menentukan kesuksesan belajar siswa dari hasil penilaian dan evaluasi, serta menyediakan aktifitas belajar lain. 2. Kesulitan pada aspek professional terdapat pada : menguasai cabang ilmu bahasa Inggris. Kesimpulan nya adalah ditemukannya ¼ indikasi sebagai kesulitan dari keseluruhan aspek pedagoguk dan profesional. Kata kunci : Praktik Mengajar, Pegagogik, dan Profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:09
Last Modified: 10 Aug 2023 02:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14475

Actions (login required)

View Item View Item