CORRELATION BETWEEN ANXIETY AND STUDENTS’ ABILITY IN INITIATING THE DISCUSSION

Sativa, Orela and Kasmaini, Kasmaini and Ildi, Kurniawan (2022) CORRELATION BETWEEN ANXIETY AND STUDENTS’ ABILITY IN INITIATING THE DISCUSSION. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ORELA SATIVA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sativa, O. 2022. Correlation between anxiety and students’ ability in initiating the discussion. Supervisor Kasmaini, S.S, M.Pd. and Co-Supervisor Ildi Kurniawan, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan kemampuan mahasiswa dalam memulai diskusi dan untuk mengetahui tingkat kecemasan mahasiswa dalam memulai diskusi pada semester III Jurusan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian ini adalah korelasional dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah Jurusan Bahasa Inggris semester III Universitas Bengkulu, jumlah mahasiswa 85 mahasiswa dari kelas A, B dan C. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner divalidasi dengan menggunakan pendapat ahli. Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha pada software SPSS. Penelitian ini menggunakan tabel untuk menunjukkan hasil output korelasi dan persentase hasil tingkat kecemasan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sedang dan negatif yang signifikan antara kecemasan dengan kemampuan siswa dalam memulai diskusi. nilai korelasinya adalah -0,527. Hal ini menunjukkan bahwa arah korelasi dalam penelitian ini adalah negatif dan level korelasi dalam korelasi sedang. Kemudian sebagian besar siswa (63/85) dalam kecemasan tinggi saat memulai diskusi. Artinya secara keseluruhan tingkat kecemasan mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu adalah kecemasan yang tinggi dalam memulai diskusi. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan agar melakukan studi korelasi seperti; hubungan antara rasa takut dalam membuat kesalahan dengan kemampuan siswa dalam memulai sebuah diskusi. Kata Kunci: Diskusi, Kecemasan, Kemampuan, Korelasi, Memulai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:19
Last Modified: 10 Aug 2023 08:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14478

Actions (login required)

View Item View Item