Siboro, Anjlyna and Puspita, Hilda and Sufiyandi, Sufiyandi (2022) EVELOPING AN ENGLISH SYLLABUS BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS FOR DEVELOPMENT ECONOMICS STUDENTS AT BENGKULU UNIVERSITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
ANJLYNA SIBORO(A1B018038) 22 JULI 2022.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Siboro, Anjlyna.2022. Development an English Syllabus based on Higher Order Thinking Skills for Development Economics Students at Bengkulu University. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui silabus bahasa Inggris yang sesuai untuk mahasiswa ekonomi pembangunan berdasarkan pendekatan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dirancang sebagai metode penelitian dan pengembangan. Menurut Sugiyono, langkah�langkah yang dirujuk oleh siklus R&D pada penelitian ini terdiri dari: (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan data, (3) perancangan silabus, (4) validasi silabus, ( 5) merevisi silabus, (6) uji coba silabus (7) final silabus. Instrumen yang digunakan adalah seperangkat item angket untuk mengumpulkan analisis kebutuhan dan satu set pertanyaan wawancara untuk mengumpulkan informasi tambahan tentang analisis kebutuhan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Bahasa Inggris, Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Kepala Kantor Bidang-2 BAPPEDA Provinsi Bengkulu. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu 89 mahasiswa, 1 dosen bahasa Inggris, 1 kepala jurusan ekonomi pembangunan, 1 kantor Bidang-2 BAPPEDA Provinsi Bengkulu. Hasil penelitian tersebut pertama tentang keterampilan yang sangat dibutuhkan siswa yaitu membaca dan berbicara. Kedua, adanya silabus yang digunakan oleh jurusan ekonomi pembangunan bersifat umum. Ketiga, silabus yang sesuai untuk siswa ekonomi pembangunan adalah silabus keterampilan berpikir tingkat tinggi karena keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat membantu siswa untuk mengembangkan kualitas berpikir mereka serta meningkatkan keterampilan dan nilai mereka dengan menerapkan pengetahuan mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan yang dibutuhkan siswa adalah membaca dan berbicara kemudian silabus yang digunakan bersifat umum sehingga perlu dirancang silabus keterampilan berpikir tingkat tinggi. Semoga silabus pengembang berikutnya dapat melanjutkan silabus ini pada pengembangan materi bahasa Inggris. Kata kunci : Silabus, Analisis Kebutuhan. Berpikir Tingkat Tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:20 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:20 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14484 |
Actions (login required)
View Item |