AN EVALUATION OF SPEAKING MATERIALS IN THINK GLOBALLY ACT LOCALLY TEXTBOOK FOR NINTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Putri, Dwi Eka and Arasuli, Arasuli and Erni, Sukesi (2022) AN EVALUATION OF SPEAKING MATERIALS IN THINK GLOBALLY ACT LOCALLY TEXTBOOK FOR NINTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Dwi Eka Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Dwi Eka. 2022. An Evaluation of Speaking Materials in Think Globally Act Locally Textbook for Ninth Grade of Junior High School. Thesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing: Drs. Arasuli, Dip. TESL, M.Si. dan Pembimbing Pendamping: Dr. Erni Sukesi, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi, mengevaluasi, dan mengetahui kualitas materi berbicara dalam buku teks pelajaran Think Globally Act Locally untuk kelas IX SMP/MTs yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi 2018. Peneliti mengevaluasi materi berbicara berdasarkan empat kriteria materi berbicara yang baik dari Scott (2005), yang meliputi (1) terdapat instruksi yang jelas, (2) terdapat aktifitas komunikatif, (3) terdapat kegiatan yang menarik dan menantang, serta (4) terdapat aktifitas analitis. Objek dari penelitian ini adalah buku teks pelajaran Think Globally Act Locally, khususnya semua materi berbicara yang terdapat dalam buku tesebut. Instrumen yang digunakan terdiri dari tabel evaluasi, dokumentasi, dan juga wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui enam tahapan, meliputi: (1) membaca buku secara menyeluruh, (2) menemukan semua materi berbicara, (3) mengamati materi berbicara yang telah ditemukan, (4) mengidentifikasi materi berbicara berdasarkan keempat kriteria, (5) melaporkan data melalui tabel evaluasi, (6) melaporkan data secara mendetil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 40 materi berbicara dalam buku tersebut, 30 diantaranya memenuhi kategori „baik‟ dan 10 lainnya mencapai kategori „cukup‟. Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan materi berbicara dalam buku tersebut dikategorikan sebagai „baik‟. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar buku ini dapat diimplementasikan sebagai sumber rujukan utama untuk kegiatan berbicara di dalam kelas. Kata kunci: Materi berbicara, kriteria materi berbicara yang baik, buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:20
Last Modified: 10 Aug 2023 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item View Item