A SURVEY ON ENGLISH LEARNING STYLES BASED ON GENDER USED BY THE THIRD SEMESTER STUDENTS OF THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITAS BENGKULU IN THE ACADEMIC YEAR OF 2021/2022

Wahyuni, Ferly and Syafrizal, Syafrizal and Syafryadin, Syafryadin (2022) A SURVEY ON ENGLISH LEARNING STYLES BASED ON GENDER USED BY THE THIRD SEMESTER STUDENTS OF THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITAS BENGKULU IN THE ACADEMIC YEAR OF 2021/2022. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DAN SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIASI FERLY WAHYUNI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuni, Ferly. 2021. Survei Gaya Belajar Bahasa Inggris Berdasarkan Gender yang Digunakan oleh Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu Tahun Pelajaran 2021-2022. Pembimbing: I. Drs. Syafrizal, M.A., Pembimbing: II. Syafryadin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki jenis gaya belajar bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa perempuan dan laki-laki dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket gaya belajar perseptual yang diadaptasi dari Reid (1984). Kuesioner telah divalidasi oleh para ahli dan diuji cobakan pada responden lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan penelitian ini untuk menguji reliabilitas kuesioner. Teknik total sampling digunakan untuk melibatkan 115 mahasiswa semester III program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Bengkulu tahun ajaran 2021-2022 dalam mengisi kuesioner, yang terdiri dari 28 mahasiswa laki-laki dan 87 siswa perempuan. Hasil menunjukkan bahwa siswa perempuan menggunakan tiga gaya belajar utama (visual, auditori, dan kinestetik), dua gaya belajar minor (taktil dan kelompok), dan gaya belajar negatif (individu). Gaya belajar yang paling dominan digunakan oleh siswa perempuan adalah kinestetik. Selain itu, siswa laki-laki menggunakan lima gaya belajar utama (visual, auditori, kinestetik, taktil, dan kelompok), sedangkan gaya belajar individu negatif. Gaya belajar yang paling dominan digunakan oleh siswa laki-laki adalah kelompok. Kesimpulannya, terdapat perbedaan gaya belajar bahasa Inggris antara siswa perempuan dan laki-laki yang digunakan oleh siswa semester tiga program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Bengkulu tahun ajaran 2021-2022. Siswa perempuan lebih suka belajar dengan cara praktik dan pembelaran aktif, sementara siswa laki-laki lebih suka belajar dengan teman-temanya seperti dalam kelompok kecil dan besar dalam belajar bahasa Inggris. Kata kunci: gaya belajar bahasa Inggris, perbedaan gender, pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:20
Last Modified: 10 Aug 2023 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14490

Actions (login required)

View Item View Item