AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ANXIETY IN LEARNING ENGLISH (A study at the First Semester Students of Journalism Study Program Bengkulu University Academic Year 2021/2022)

Opriorika, Genda and Mulyadi, Mulyadi and Sufiyandi, Sufiyandi (2022) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ANXIETY IN LEARNING ENGLISH (A study at the First Semester Students of Journalism Study Program Bengkulu University Academic Year 2021/2022). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI GENDA APRIORIKA PERPUS UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Opriorika, G. 2022. An analysis of students’ anxiety in learning English (A case study at the first semester students of journalism study program Bengkulu University academic year 2021/2022). Supervisor Mulyadi, M.A. and Co-Supervisor Sufiyandi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris yang dihadapi oleh mahasiswa semester 1 Program Studi Jurnalistik Universitas Bengkulu Tahun Akademik 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Program Studi Jurnalistik Universitas Bengkulu dengan jumlah 73 mahasiswa dari kelas A dan B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket terdiri dari 33 butir yang menyajikan 3 kategori yang diadaptasi dari Horwitz et. al (1986). Angket sudah divalidasi dengan menggunakan pendapat ahli. Pada instrument ini, reliabilitas didapatkan dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha yang terdapat pada SPSS. Penelitian ini menggunakan statistik sederhana (persentase dan rata-rata tertimbang) untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa (54 dari 73) berada pada tingkat kecemasan sedang, artinya secara keseluruhan tingkat kecemasan mahasiswa Program Studi Jurnalistik Universitas Bengkulu adalah kecemasan sedang dalam belajar bahasa Inggris pada semester pertama. Ada tiga faktor penyebab kecemasan mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris di Program Studi Jurnalistik Universitas Bengkulu; ketakukan akan evaluasi negatif, ketakutan komunikasi, dan Kecemasan Tes. Faktor mayoritas yang menyebabkan kecemasan mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris di Program Studi Jurnalistik Universitas Bengkulu sebagian besar berasal dari ketakutan akan evaluasi negatif. Kata Kunci: Kecemasan, Tingkat Kecemasan, Faktor Kecemasan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:20
Last Modified: 10 Aug 2023 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14491

Actions (login required)

View Item View Item