MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN MEMBATIK MENGGUNAKAN MEDIA TEPUNG (Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu)

Ikawati, Khoiriyah and Saparahayuningsih, Sri and Yulidesni, Yulidesni (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN MEMBATIK MENGGUNAKAN MEDIA TEPUNG (Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
Skripsi Khoiriyah Ikawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan pembelajaran membatik menggunakan media tepung pada anak kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Apakah melalui kegiatan pembelajaran membatik menggunakan media tepung dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan 3 siklus, dimana siklus pertama dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, siklus kedua dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus ketiga dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 4 anak lak-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dengan teknik analisis data menggunakan rata-rata. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran membatik menggunakan media tepung. Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dengan menerapkan kegiatan pembelajaran membatik menggunakan media tepung, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian tentang keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan pembelajaran membatik dengan aspek lainnya, misalnya dengan teknik mengecap dengan berbagai bahan dari tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:55
Last Modified: 14 Nov 2017 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14493

Actions (login required)

View Item View Item