STUDENTS’ DIFFICULTIES IN ANSWERING READING COMPREHENSION QUESTIONS OF REPORT TEXT AT THIRD GRADE OF SMPN 1 BENGKULU SELATAN

Risanda, Sepmi and Elfrida, Elfrida and Kasmaini, Kasmaini (2022) STUDENTS’ DIFFICULTIES IN ANSWERING READING COMPREHENSION QUESTIONS OF REPORT TEXT AT THIRD GRADE OF SMPN 1 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SEPMI RISANDA (A1B018052).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Risanda, S. (2022). Students’ Difficulties in Answering Reading Comprehension Questions of Report Text at Third Grade of SMPN 1 Bengkulu Selatan . Undergraduate Thesis. English Education Study Program of Language and Art Department. Faculty of Teacher Training and Education. University of Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan dalam teks report dan penyebab dari kesulitan-kesulitan dalam menjawab pertanyaan tentang teks report. Partisipan penelitian ini adalah 63 siswa kelas tiga SMPN 1 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan desain metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui tes pemahaman membaca dan wawancara. Tes pemahaman membaca pada penelitian ini merupakan adopsi dari lembar kerja siswa yang di terbitkan oleh Tiga Serangkai yang terdiri dari 25 pertanyaan pilihan ganda. Tes pemahaman membaca divalidasi dengan menggunakan pedoman interpretasi menurut SPSS. Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach‟s Alpha pada software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami beberapa kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam teks report dan ada beberapa penyebab yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam teks report. Kesulitan-kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan dalam teks report adalah mencari kata ganti, pemahaman kosakata dan membuat kesimpulan. Menarik kesimpulan adalah aspek yang paling sulit dengan persentase siswa yang menjawab pertanyaan tentang menarik kesimpulan dengan salah adalah 73%. Penyebab dari kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan pemahaman membaca tentang teks report adalah kurangnya kosakata, kurangnya strategi dan kurangnya minat dan motivasi. Kata Kunci : Pemahaman Membaca, Kesulitan, Teks Report.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:21
Last Modified: 10 Aug 2023 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item View Item