ENGAGEMENT MARKERS IN DISCUSSION SECTION OF RESEARCH ARTICLES WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION STUDENTS AND ARTICLES PUBLISHED IN REPUTABLE ENGLISH JOURNAL: A COMPARATIVE DISCOURSE STUDY

Aisyah, Suri and Hardiah, Mei and Muhammad, Fadhli (2022) ENGAGEMENT MARKERS IN DISCUSSION SECTION OF RESEARCH ARTICLES WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION STUDENTS AND ARTICLES PUBLISHED IN REPUTABLE ENGLISH JOURNAL: A COMPARATIVE DISCOURSE STUDY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Thesis Suri Aisyah (A1B018003)-P.B.Ing-Bebas Perpus UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah, S. (2022). Engagement Markers in Discussion Section of Research Articles Written by English Education Students and Articles Published in Reputable English Journal: A Comparative Discourse Study. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Penelitian berfokus pada penggunaan penanda keterlibatan pada diskursus telah banyak dilakukan oleh peneliti internasional, namun konsentrasi tersebut tidak begitu menjadi perhatian di kalangan peneliti Indonesia. Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan penanda keterlibatan pada dua wacana yang berbeda yakni pada 15 bagian diskusi artikel yang ditulis oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu dan 15 artikel yang ditulis oleh peneliti berpengalaman pada jurnal berbahasa Inggris yang bereputasi. Korpus penelitian dianalisis menggunakan ceklis dokumentasi dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanda keterlibatan yang dominan digunakan oleh mahasiswa adalah seruan pengetahuan dan pengarahan. Penanda serupa juga dominan digunakan pada artikel yang ditulis oleh peneliti berpengalaman. Sementara itu, terdapat sedikit perbedaan dalam kemunculan tipe penanda keterlibatan di mana urutan penanda yang tidak begitu lazim digunakan pada artikel yang ditulis mahasiswa adalah penyebutan pembaca, pertanyaan, dan personalia sedangkan pada artikel yang ditulis oleh penulis berpengalaman adalah pertanyaan, penyebutan pembaca dan personalia. Hasil analisis Chi-square mengindikasikan bahwa kuantitas penggunaan penanda keterlibatan pada kedua korpus berbeda secara signifikan (dengan asumsi signifikansi 0.000) di mana penulis berpengalaman memiliki frekuensi yang lebih besar dibanding mahasiswa. Penggunaan penanda keterlibatan yang lebih banyak pada penulis berpengalaman menunjukkan bahwa adanya kesadaran penulis dalam penggunaan penanda tersebut untuk membangun interaksi dengan pembaca. Oleh karena itu, penting untuk menekankan penggunaan penanda keterlibatan dalam penulisan akademik. Peneliti menyarankan untuk menganalisis ketepatan dalam penggunaan penanda keterlibatan dan menggunakan korpus yang lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang lebih representatif dan komprehensif. Kata kunci: diskusi artikel penelitian, mahasiswa, penanda keterlibatan, penulis berpengalaman

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item