THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ PERCEPTION OF GOOGLE TRANSLATE AND THEIR ENGLISH WRITING SKILL (A Study on the Fourth Semester Students of the English Education Study Program at Universitas Bengkulu)

Kurniawan, Royyan and Yunita, Wisma and Dedi, Sofyan (2022) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ PERCEPTION OF GOOGLE TRANSLATE AND THEIR ENGLISH WRITING SKILL (A Study on the Fourth Semester Students of the English Education Study Program at Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
File Skripsi Royyan Kurniawan (A1B015046).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Royyan. (2022). The Correlation Between Students’ Perception of Google Translate and Their Writing Skill. Skripsi. Pembimbing I: Dr. Wisma Yunita, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Dr. Dedi Sofyan, M.Hum Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap Google Translate dan kemampuan menulis mereka. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester empat dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu. Teknik pengambilan datanya adalah pengambilan sempel secara keseluruhan. Ada 74 mahasiswa sebagai sempel dari 2 kelas menulis paragraph. Ada dua instrument yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu angket dan dokumentasi nilai menulis siswa. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus korelasi produk momen yang dikembangkan oleh Carl Pearson dan peneliti menggunakan program analisis statistic SPSS. Berdasarkan analisis data, didapatkan bahwa r-hitung adalah 0.469. Yang berarti korelasi antara persepsi mahasiswa terhadap Google Translate dan nilai menulis mereka adalah sedang. Oleh sebab itu, hipotesa alternative diterima dan hopotesa null ditolak. Karena r-hitung adalah 0.469 dimana lebih tinggi dibanding r-tabel yaitu 0.296, maka korelasinya signifikan. Berdasarkan penemuan pada penelitian , itu bisa disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sedang antara persepsi mahasiswa terhadap Google Translate dan kemampuan menulis mereka. Itu berarti bahwa Google Translate bukan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kemampuan menulis mahasiswa semester empat pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu. Kata Kunci; Persepsi, Google Translate, Menulis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:23
Last Modified: 10 Aug 2023 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14513

Actions (login required)

View Item View Item