A COMPARATIVE STUDY ON REPORTING VERBS IN RESEARCH ARTICLE INTRODUCTIONS WRITTEN BY INDONESIAN AUTHORS IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING PUBLISHED IN LOW-RANKING AND MEDIUM-RANKING JOURNALS

Raningrum, Ibesti Agenum and Safnil, Safnil and Muhammad, Fadhli (2022) A COMPARATIVE STUDY ON REPORTING VERBS IN RESEARCH ARTICLE INTRODUCTIONS WRITTEN BY INDONESIAN AUTHORS IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING PUBLISHED IN LOW-RANKING AND MEDIUM-RANKING JOURNALS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
REVISI SETELAH SIDANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Raningrum, Ibesti Agenum. 2022. Studi Komparatif Verba Pelaporan dalam Pendahuluan Artikel Penelitian Ditulis oleh Penulis Indonesia dalam Pengajaran Bahasa Inggris Diterbitkan di Jurnal Berperingkat Rendah dan Menengah. Pembimbing I. Prof. Safnil, M.A., Ph.D., Pembimbing II: Muhammad Fadhli, S,Pd., M.Pd. Kajian Verba Pelaporan (VP) jarang dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia, dan sulit menemukan kajian VP dalam literatur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penulis Indonesia menggunakan VP di bagian pendahuluan artikel penelitian yang diterbitkan di jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat rendah dan menengah dan menyelidiki perbedaan penggunaan VP yang digunakan oleh mereka di kedua kelompok jurnal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif yang meneliti 40 artikel penelitian bagian pendahuluan yang diterbitkan dalam peringkat rendah (SINTA 6: Journal of English Language Education, dan SINTA 5: The Journal of English Literacy Education) peringkat menengah (SINTA 4: Journal of English Education and Teaching, dan SINTA 3: Forum ELT: Journal of English Language Teaching) jurnal pengajaran bahasa Inggris tahun 2021. Data diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dianalisis dengan menggunakan kerangka VP dari Francis et al. (1996). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat rendah dan menengah Indonesia menggunakan semua VP di bagian pengantar artikel penelitian, tetapi VP yang paling sering digunakan oleh mereka adalah Argue Verbs. Selain itu, penulis jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat rendah Indonesia lebih banyak menggunakan Find dan Think Verbs. Sementara itu, Argue dan Show Verbs lebih sering digunakan oleh penulis Indonesia pada jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat menengah. Temuan ini menunjukkan pentingnya menggunakan VP dalam menulis artikel penelitian bagian pengantar untuk penulis Indonesia di bidang pengajaran bahasa Inggris. Penulis disarankan untuk menggunakan Argue Verb, diikuti dengan Find dan Show Verbs dalam menulis pendahuluan artikel penelitian. Katakunci: Jurnal pengajaran bahasa Inggris, jurnal peringkat menengah, jurnal peringkat rendah, verba pelaporan, pendahuluan artikel penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:23
Last Modified: 10 Aug 2023 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14514

Actions (login required)

View Item View Item