A COMPARATIVE STUDY OF RHETORICAL STRUCTURE OF SEVERAL THESIS ABSTRACTS BY UNDERGRADUATE STUDENTS OF UNVERSITAS BENGKULU

Wijaya, Bayu and Safnil, Safnil and Mei, Hardiah (2022) A COMPARATIVE STUDY OF RHETORICAL STRUCTURE OF SEVERAL THESIS ABSTRACTS BY UNDERGRADUATE STUDENTS OF UNVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI BAYU WIJAYA FINAL (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Wijaya, B. (2022). A Comparative Study of Rhetorical Structure of Several Thesis Abstracts by Undergraduate Students of Different Study Programs of Bengkulu University. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Departemen Seni Dan Bahasa. Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Abstrak dalam setiap makalah penelitian selalu menjadi penarik perhatian, baik mendorong pembaca untuk melanjutkan membaca penelitian atau mengurangi minat pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mencari move dan step paling dominan dari thesis abstrak oleh mahasiswa lulusan S1 dan untuk mencari apakah ada perbedaan. Penelitian ini menggunakan mix methoe approach. Desain dari penelitian ini adalah deskriptif, menggunakan data kuantitatif dan juga kualitatif. Data penelitian diambil dari tiga puluh thesis abstrak dari fakultas Pendidikan Universitas Bengkulu yang lulus pada tahun 2019 sampai 2022. Hyland five-move model akan digunakan untuk instrument penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan, mayoritas dan move yangpaling dominan adalah Move 2 (Purpose) 100%, diikuti oleh Move 3 (Method) 97%, Move 4 (Product) 97% dan Move 5 (Conclusion) 80%,sementara Step yang plaing dominan yang ditemukan adalah Step 1 dariMove 2 (Stating the purpose directly) 100%. Dan juga, tidak ada perbedaan yang signifikan antar Move dari setiap program studi (Inggris, Fisika dan Bimbingan konseling). Kesimpulan, setiap siswa hamper semuanya hanya sekedar mengikuti “Panduan Penulisan Skripsi” dalam menulis abstrak mereka. Oleh karena itu, akan lebih baikdari pihak departemen yang bersangkutan untuk melakukan revisi terhadap panduan tersebut, dan juga menggunakan penelitian ini sebagaireferensi atau panduan agar dapat menulis abstrak dengan baik dan benar. Keywords: Abstrak, Gaya Retorika, Anilisa Move

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

View Item View Item