A COMPARATIVE STUDY ON INTERACTIVE META-DISCOURSE USED IN RESEARCH ARTICLE DISCUSSIONS PUBLISHED IN HIGH- AND LOW-RANKING ELT JOURNALS BY INDONESIAN AUTHORS

Yoni, Apriani and Sofyan, Dedi and Ildi, Kurniawan (2022) A COMPARATIVE STUDY ON INTERACTIVE META-DISCOURSE USED IN RESEARCH ARTICLE DISCUSSIONS PUBLISHED IN HIGH- AND LOW-RANKING ELT JOURNALS BY INDONESIAN AUTHORS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CD YONI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yoni, Apriani. 2021. Studi Komparatif pada Penggunaan Meta-wacana Interaktif dalam Pembahasan Artikel Penelitian Diterbitkan dalam Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris Peringkat Tinggi dan Rendah. Pembimbing I: Dr. Dedi Sofyan, S.Pd., M. Hum., Pembimbing II: Ildi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Banyak penelitian tentang penanda meta-wacana telah dilakukan oleh para peneliti di beberapa bagian teks akademik bidang linguistik terapan dan linguistik. Namun, hal tersebut belum pernah dilakukan pada bagian pembahasan artikel penelitian di peringkat jurnal pengajaran bahasa Inggris yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penulis Indonesia menggunakan penanda metawacana interaktif pada bagian pembahasan artikel penelitian yang diterbitkan di jurnal pengajaran bahasa Inggris pada peringkat tinggi dan rendah dan menyelidiki perbedaan penggunaan penanda metawacana interaktid yang digunakan oleh mereka di kedua kelompok jurnal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif yang menginvestigasi 32 bagian pembahasan artikel penelitian yang diterbitkan pada jurnal pengajaran bahasa Inggris pada peringkat tinggi dan rendah pada tahun 2020. Data diambil dengan menggunakan teknik sampel bertujuan dan data dianalisis dengan menggunakan prinsip analisis wacana berbasis genre atau prinsip analisis tujuan komunikatif dengan mengikuti kerangka metawacana Hyland (2005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis Indonesia dari jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat tinggi dan rendah menggunakan semua meta-wacana interaktif pada bagian pembahasan artikel penelitian, tetapi penanda yang paling sering digunakan oleh mereka adalah penanda transisi. Selain itu, penulis Indonesia dari jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat tinggi menggunakan lebih banyak penanda transisi, penanda bingkai, penanda endoforik, dan penanda kode kilau daripada jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat rendah. Sementara itu, penanda pembuktian lebih sering digunakan oleh penulis Indonesia dari jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat rendah. Temuan ini menginformasikan pentingnya menggunakan penanda meta-wacana interaktif dalam menulis pembahasan artikel penelitian untuk penulis Indonesia. Kata kunci: jurnal pengajaran bahasa Inggris, jurnal peringkat tinggi dan rendah, meta-wacana interaktif, pembahasan artikel penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item