IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS WITH ACTION LEARNING STRATEGY AT EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL (A Classroom Action Research at Eight Grade Students of SMP N 01 Kota Bengkulu)

Wulandari, Dorea Afrilia and Kasmaini, Kasmaini and Indah, Damayanti (2022) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS WITH ACTION LEARNING STRATEGY AT EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL (A Classroom Action Research at Eight Grade Students of SMP N 01 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Dorea afrilia wulandari (A1B018006).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Dorea. A. (2022). Improving Students’ Speaking Skills with Action Learning Strategy at Eighth Grade of Junior High School. Undergraduate Thesis. English Education Study Program of Language and Art Departement. Facuylty of Teacher Training and education. University of Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan Action Learning Strategy di kelas 8. Partisipan dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas VIII.6 yang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data diperoleh melalui observasi dan tes berbicara. Untuk menentukan siswa yang berhasil meningkatkan keterampilan berbicara berdasarkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 80. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan dua langkah, yaitu penilaian keterampilan berbicara siswa menggunakan data kuantitatif dan menghitung nilai siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa. Siswa yang mengalami peningkatan kemampuan berbicara pada data awal adalah 62.5%, atau 20 siswa, siklus I 75% atau 24 siswa dan siklus II 84.375% atau 27 siswa. Sedangkan siswa yang tidak berhasil pada data awal adalah 37.5% atau 12 siswa, siklus I 25% atau 8 siswa dan siklus II 15.675% atau 5 siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada beberapa sampel siswa didapatkan beberapa faktor yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Faktor-faktor tersebut adalah rasa nyaman yang didapatkan oleh siswa saat sedang belajar, pemberian poin tambahan untuk menarik minat siswa, serta trik pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk menarik perhatian siswa saat belajar. Kata Kunci : Peningkatan, Keterampilan Berbicara, Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14518

Actions (login required)

View Item View Item