Mahfuzh, M Rifqi and Mulyadi, Mulyadi and Sufiyandi, Sufiyandi (2022) THE ENGLISH LEARNING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITY OF BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIFQI MAHFUZH (A1B017051).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Mahfuzh, M Rifqi. 2022. The English Learning Strategies Used by Successful Students of English Department at University of Bengkulu. Supervisor Mulyadi, M.A. and Co-Supervisor Sufiyandi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh Mahasiswa dan dikategorikan ke dalam enam kategori yaitu memori, kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif, dan sosial berdasarkan Oxford (1990). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu tahun ajaran 2018 dan 2019 yang memiliki IPK 3,75 hingga 4,00. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara sebagai instrumen. Populasi dalam penelitian ini adalah 176 siswa dan sampel sebanyak 25 siswa. Kuesioner terdiri dari 50 item berdasarkan Oxford Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi 7.0. Data diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2010 untuk menemukan strategi yang paling dominan digunakan oleh siswa. Hasil dari kuesioner menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menggunakan lebih dari satu strategi pembelajaran bahasa, termasuk memori, kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif, dan strategi sosial. Strategi dominan yang digunakan oleh siswa yang berhasil adalah metakognitif dengan skor rata-rata 3,94, diikuti oleh kognitif (3,70), kompensasi (3,55), memori (3,43), Sosial (3,39), dan strategi afektif (3,31). Strategi metakognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa yang berhasil dalam belajar bahasa. Strategi metakognitif dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan manajemen berpikir yang baik. Hal ini juga menciptakan prestasi akademik yang baik. Di sisi lain, hasil wawancara menunjukkan bahwa alasan siswa menerapkan strategi tersebut adalah Peningkatan, Mudah, menyenangkan, efektif, nyaman, bervariasi dan menarik. Keywords: Strategi Pembelajaran Bahasa, Mahasiswa sukses
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14521 |
Actions (login required)
View Item |