Afriyani, Monica and Trianto, Agus and M., Arifin (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMAN 01 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Monica Afriyani (A1A017016) PDF new.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (28MB) |
Abstract
ABSTRAK Afriyani, Monica. 2022. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMAN 01 Bengkulu Tengah. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing (I) Dr. Agus Trianto, M.Pd. Pembimbing (II) Drs. M. Arifin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 01 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa dari jumlah populasi. Teknik sampling yang diterapkan adalah sample random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah skor kemampuan berpikir kritis yang dijaring melalui instrument tes objektif dalam bentuk pilihan ganda dan esai. Sedangkan skor kemampuan menulis teks eksposisi dijaring melalui instrument dalam bentuk tes penugasan. Data dianalisis dengan langkah-langkah pertama peneliti memeriksa hasil tes berpikir kritis dan memberikan skor berdasarkan format penilaian, kedua peneliti memeriksa hasil tes menulis eksposisi siswa dan memberikan skor berdasarkan format penilaian, ketiga peneliti menghitung rata-rata pada masing-masing tes, keempat peneliti mengklasifikasikan nilai skor tersebut berdasarkan kategori nilai, kelima mengorelasikan data variabel penelitian, keenam peneliti menyimpulkan hasil analisis dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 48,16. Pada kemampuan menulis teks eksposisi siswa tergolong cukup dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 69,1. Pada hubungan berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa tidak terdapat hubungan antara berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil perhitungan rumus kolerasi product moment diperoleh nilai r= 0,00051785 dan rtabel= 0,3440. Jika dibandingkan dengan rtabel= 0,3440 dan rhitung lebih kecil dengan jumlah nilai = 0,00051785 maka h0 diterima yang artinya tidak terdapat hubungan antara berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks eksposisi. Kata Kunci: Hubungan, Berpikir Kritis, Menulis, Teks Eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14535 |
Actions (login required)
View Item |