PROBLEMATIKA MENDENGARKAN DRAMA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Friadi, Ajeng Indriati and Arono, Arono and Rio, Kurniawan (2022) PROBLEMATIKA MENDENGARKAN DRAMA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI - AJENG INDRIATI FRIADI (A1A018099) FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ajeng Indriati Friadi, 2022. Problematika Mendengarkan Drama dalam Kegiatan Belajar Mengajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Prof. Arono, M.Pd., Pembimbing Pendamping Rio Kurniawan, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika mendengarkan drama dalam kegiatan belajar mengajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu dan upaya guru untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D, E, dan F dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif oleh (Miles dan Huberman, 1994) yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa problematika yang timbul dalam kegiatan mendengarkan drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Problematika yang disebabkan oleh faktor internal terdiri atas siswa yang bertingkah laku kurang baik, siswa acuh dengan pembelajaran, siswa tidak serius dan cenderung bersikap malas. Problematika yang disebabkan oleh faktor eksternal terdiri atas siswa kesulitas mendengar drama, siswa tidak memahami materi, siswa terganggu karena gangguan dari luar kelas, siswa kesulitan berkonsentrasi, dan siswa sibuk dengan aktivitas masing-masing. Upaya yang diberikan oleh guru untuk permasalahan yang disebabkan oleh faktor internal dengan melakukan pendekatan secara khusus kepada siswa secara individu yang mengalami permasalahan pribadi sedangkan permasalahan yang disebabkan oleh faktor eksternal guru bersama dengan pihak sekolah kedepannya akan mengupayakan SMP Negeri 13 Kota Bengkulu dapat menyediakan laboratorium bahasa dengan fasilitas dan media belajar yang mendukung berupa ruangan yang kedap suara, penggunaan komputer, dan speaker agar kegiatan mendengarkan drama dilakukan lebih maksimal disertai dengan pemilihan bahan simakan yang lebih menarik yang sesuai dan berkaitan dengan materi pembelajaran. Kata kunci : Problematika Mendengarkan Drama, Kegiatan Belajar Mengajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item