PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PERSPEKTIF PENGUATAN LITERASI DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Amelia, Ike and Trianto, Agus and Padi, Utomo (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PERSPEKTIF PENGUATAN LITERASI DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI IKE AMELIA A1A018071.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ike Amelia. 2022. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing utama Dr. Agus Trianto, M.Pd., pembimbing pendamping Dr. Padi Utomo, M.Pd. Penelitian ini dilakukan berkenaan dengan adanya fenomena rendahnya kemampuan literasi pada siswa. Fokus penelitian ini tentang problematika literasi dalam pembelajaran bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Indonesia dalam perspektif penguatan literasi yang dirasakan oleh guru dan siswa di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Informan penelitian yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa di kelas XII TKR (Teknik Kendaraan Ringan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik rekaman video, dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan kegiatan literasi tingkat rendah dalam pembelajaran bahasa indonesia. Hal ini dikarenakan konsep dasar literasi yaitu kemampuan berbahasa dan berpikir. Sedangkan, dalam proses pembelajaran peneliti menemukan minimnya kemampuan berbahasa dan rendahnya kemampuan berpikir. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat menimbulkan problematika pembelajaran bahasa Indonesia dalam perspketif penguatan literasi yang meliputi: penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, pemilihan metode pembelajaran yang tidak bervariasi, sumber belajar yang tidak menunjang kegiatan literasi, dan pemahaman guru mengenai literasi dalam pembelajaran. Kata kunci:Problematika, Program Literasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:28
Last Modified: 11 Aug 2023 01:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14549

Actions (login required)

View Item View Item