PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIID SMPN 02 KOTA BENGKULU

Olipia, Elita and Yennita, (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIID SMPN 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

didik kelas VIId SMPN 2 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif kuantittif. Subyek penelitian adalah peneliti yang berperan sebagai guru dan peserta didik kelas VIId SMPN 2 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 orang. Hasil observasi aktivitas guru silkus I diperoleh rata-rata yaitu 40 menjadi 44,5 pada siklus II. Pada aktivitas peserta didik juga meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu dari 41 menjadi 45. Hasil belajar peserta didik dilihat dari ketuntasan klasikal meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu dari 72,22% menjadi 83,33%. Hasil motivasi belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II, rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu 46,91 menjadi 77,66 pada siklus II . Terakhir korelasi antara hasil belajar peserta didik dengan motivasi belajar pada siklus I rhitung yang diperoleh yaitu 0,331 dengan signifikansi 0,049 sedangkan pada siklus II diperoleh hasil rhitung sebesar 0,585 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan tingkat korelasi sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar guru dan peserta didik, hasil belajar peserta didik, motivasi belajar peserta didik serta adanya korelasi antara hasil belajar dengan motivasi belajar dengan korelasi sedang. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas guru dan peserta didik, hasil belajar, motivasi belajar, dan korelasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:47
Last Modified: 23 Aug 2023 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14576

Actions (login required)

View Item View Item