HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODELPROJECT BASED LEARNING (PJBL)PADA KELAS XI MIPA SMAN 6 KOTA BENGKULU(Quasi Experiment Research)

Wahyuningsih, Endah Tri and Andik, Purwanto and Rosane, Medriati (2020) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODELPROJECT BASED LEARNING (PJBL)PADA KELAS XI MIPA SMAN 6 KOTA BENGKULU(Quasi Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya hubungan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas diperoleh siswa kelas XI MIPA D sebagai kelas uji coba (eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk minat belajar fisika dan tes untuk hasil belajar fisika. Analisis data diuji menggunakan analisis korelasi product moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas. Berdasarkan analisa data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan poitif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. yang ditunjukkan dari nilai yang lebih besar dari (0,660>0,374) dengan kontribusi minat sebesar 43,56% dengan indikator minat yang paling besar pengaruhnya adalah indikator perasaan senang dengan nilai korelasi rata-rata sebesar 0,669 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa. Kata kunci : korelasi hubungan, minat belajar, hasil belajar siswa, project based learning model

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:48
Last Modified: 23 Aug 2023 07:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item View Item