PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA NEGERI KOTA BENGKULU (Research and Development)

Suryaningsih, Herni and Rosane, Medriati and Andik, Purwanto (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA NEGERI KOTA BENGKULU (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Herni Suryaningsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah upaya mewujudkan peserta didik mandiri serta aktif dalam proses pembalajaran fisika serta belum dikembangkannya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis scaffolding berorientasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis scaffolding berorientasi berpkir kritis pada materi Hukum Newton tentang gerak dan mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan motode 3D (define, design dan develop) yang dimodifikasi dari metode 4D. Pada tahap validasi, lembar kerja peserta didik divaliasi oleh 3 validator. Hasil validasi menujukkan bahwa lembar kerja peserta didik sangat layak dengan persentase capaian 89%. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek isi 82%, aspek penyajian 94% dan aspek bahasa 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis scaffolding berorintasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton memenuhi kriteria dengan kwalitas sangat layak sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik SMA kelas X. Kata Kunci : LKPD, scaffolding, berpikir kritis, Hukum Newton

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:48
Last Modified: 23 Aug 2023 07:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item View Item