PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN HUKUM TERMODINAMIKA DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING FLIP CLASSROOM MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL DAN QR CODE (Research and Development)

Fitria, Jeni and Eko, Risdianto (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN HUKUM TERMODINAMIKA DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING FLIP CLASSROOM MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL DAN QR CODE (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI JENI FITRIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

hanya memuat satu materi pembelajaran. Kemandirian siswa lebih diutamakan dalam pemanfaatan modul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan modul menggunakan 3D PageFlip Professional dan QR Code pada materi Hukum Termodinamika. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 3 D dengan langkah- langkah Define, Design, dan Develop. Validasi dilakukan oleh 2 judgement ahli untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek isi, penyajian, bahasa dan media. Berdasarkan hasil uji validitas aspek isi didapatkan hasil persentase sebesar 75% dengan kategori baik, aspek penyajian sebesar 75% dengan kategori baik, aspek bahasa sebesar 79,68% dengan kategori sangat baik dan aspek media sebesar 81,25% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran menggunakan 3D PageFlip Professional dan QR Code yang dihasilkan sudah valid dengan persentase rata-rata sebesar 77,73% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian hasil persepsi guru mengenai kemampuan modul dalam melatih keterampilan berpikir kritis siwa didapatkan hasil persentase sebesar 77,87% dengan kategori sangat setuju bahwa modul yang dikembangkan sudah mampu melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Modul Pembelajaran, 3D PageFlip Professional, QR Code, Blended Learning Flip Classroom

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:49
Last Modified: 23 Aug 2023 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item View Item