PEMBATALAN SURAT HIBAH TANAH DAN BANGUNAN DI PENGADILAN NEGERI KELAS I.A PADANG (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Nomor: 57/Pdt.G/2019/PN.PDG)

ABIYYU, DZAKIYYAH and Herawan, Sauni and M.Yamani, Yamani (2022) PEMBATALAN SURAT HIBAH TANAH DAN BANGUNAN DI PENGADILAN NEGERI KELAS I.A PADANG (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Nomor: 57/Pdt.G/2019/PN.PDG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - ABIYYU DZAKIYYAH (B1A017236).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tentang pembatalan surat hibah tanah dan bangunan di Pengadilan Negeri Kelas I.A Padang (Studi kasus putusan Pengadilan Negeri Padang, Nomor: 57/Pdt.G/2019/PN.PDG) bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hukum hakim terhadap pembatalan surat hibah tanah dalam putusan nomor: 57/Pdt.G/2019/PN.PDG sudah sesuai dengan konsep hibah menurut Kitab Undang�Undang Hukum Perdata dan untuk mengetahui apakah Untuk mengatahui penerapan prinsip-prinsip keadilan dalam putusan putusan Nomor: 57/Pdt.G/2019/PN.PDG. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum nomatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer melalui putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor: 57/Pdt.G/2019/PN.PDG, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Kitab Undang-Undang Hukum Acara Perdata, Yurisprudensi Mahkamah Agung RI, dan Pendapat para sarjana mengenai alasan-alasan yang digunakan hakim untuk sampai pada putusan (rasio recidendi) dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Kemudian data diolah dengan dilakukan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pertimbangan hukum Hakim dalam putusan Perkara Perdata Gugatan dalam pembatalkan surat hibah tanah dan bangunan Nomor: 57/Pdt.G/2019/PN.PDG belum sesuai dengan hibah menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. (2) Putusan Hakim dalam pembatalkan surat hibah tanah dan bangunan belum memenuhi prinsip-prinsip keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:47
Last Modified: 23 Aug 2023 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item