PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU (Quasy Eksperiment Research)

Rahmayanti, Jeni and Conie, (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU (Quasy Eksperiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI JENI RAHMAYANTI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah ada pengaruh yang signifikan siswa yang diajar dengan model Team Assisted Individualization terhadap pemahaman konsep dan keterampilan generik sains pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian non-equivalent pretest-postest control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan keterampilan generik sains berbentuk essay. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan selisih peningkatan nilai rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen 52,69 dan kelas kontrol 22,75. Kemudian untuk Keterampilan generik sains pada kelas eksperimen diperoleh selisih, sebesar 48,29 dan kelas kontrol sebesar 13,67. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney (U test) melalui program SPSS versi 21 dimana nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka berdasarkan pada kriteria , maka Ho ditolak atau Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep dan keterampilan generik sains kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model Team Assisted Individualization terhadap pemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Pemahaman Konsep, Keterampilan Generik Sains

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:49
Last Modified: 23 Aug 2023 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14595

Actions (login required)

View Item View Item