PENGEMBANGAN LKPD FISIKA MATERI BESARAN DAN SATUAN BERBASIS ETNOSAINS MASYARAKAT BENGKULU MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA (Research and Development)

Ahmad, Liza Septia and Indra, Sakti (2020) PENGEMBANGAN LKPD FISIKA MATERI BESARAN DAN SATUAN BERBASIS ETNOSAINS MASYARAKAT BENGKULU MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD fisika yang valid berbasis etnosains dengan model discovery learning pada materi besaran dan satuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tipe rancangan level 1 yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah 2) studi literatur dan pengumpulan informasi 3) desain produk 4) validasi desain 5) desain teruji. Validasi desain dilakukan oleh 2 judgement ahli dan 2 praktisi untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek penyajian, kelayakan isi, penggunaan bahasa, dan kegrafisan. Berdasarkan hasil uji validitas aspek penyajian didapatkan hasil persentase sebesar 82,8% berada pada kategori sangat baik, aspek kelayakan isi sebesar 80,9% berada pada kategori sangat baik, aspek penggunaan bahasa sebesar 92% berada pada kategori sangat baik, dan aspek kegrafisan sebesar 97,9% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD fisika berbasis etnosains dengan model discovery learning yang dikembangkan sudah valid dan merupakan desain teruji dengan persentase total uji validitas yaitu 88,4% berada pada kategori sangat baik. Kata Kunci: LKPD, Etnosains, Discovery Learning, keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:05
Last Modified: 24 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item