PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 1 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research)

Nasution, Menni Yurita and Eko, Swistoro (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 1 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Menni Yurita Nasution (A1E016001) Fiks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Solving Fisika (PSF) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi di SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan disain nonequivalent control group design untuk meneliti pengaruh model pembelajaran PSF terhadap pemahaman konsep dan one group pretest posstest design untuk meneliti pengaruh model pembelajaran PSF terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Sampel penelitian menggunakan teknik Sampling purpossive dengan menetapkan kelas XI IPA 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep (TPK) dan tes kemampuan berpikir kritis (TKBK). Analisis data menggunakan uji T dua sampel independen menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran PSF terhadap pemahaman konsep dengan nilai thitung>ttabel yaitu (4.58>1.81), dengan besar pengaruh sebesar 1.12 artinya model pembelajaran Problem Solving Fisika memberikan pengaruh sebesar 70,9 % terhadap pemahaman konsep siswa, yang berada dalam kategori sedang. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF terhadap kemampuan berpikir kritis diketahui dengan adanya selisih antara skor rata-rata Posttest dengan skor rata-rata Pretest (O2-O1) sebesar 12.94, dengan besar pengaruh sebesar 2.08, artinya model pembelajaran Problem Solving Fisika memberikan pengaruh sebesar 84.1% berada pada kategori Tinggi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving Fisika, Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:05
Last Modified: 24 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item