PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB SEBAGAI BAHAN AJAR FISIKA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA (Research and Development)

Novitasari, Miya and Connie, (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB SEBAGAI BAHAN AJAR FISIKA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi miya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis web sebagai bahan ajar fisika pada materi gelombang bunyi. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 3 D dengan langkah-langkah Define, Design, dan Develop. Tahap define terdiri dari observasi, identifikasi masalah, dan pengumpulan data. Pada tahap design terdiri dari memilih media pembelajaran, memilih format bahan ajar, dan rancangan awal bahan ajar elektronik. Tahap develop terdiri dari validasi judgement ahli (dosen) dan praktisi (guru). Subjek penelitian adalah peserta didik SMAN 2, 4 dan 6 Kota Bengkulu. Validasi dilakukan oleh 2 judgement ahli dan 2 praktisi untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek isi, penyajian, bahasa dan media. Berdasarkan hasil uji validasi, aspek isi sebesar 79% dengan kategori sangat baik, aspek penyajian sebesar 77% dengan kategori sangat baik, aspek bahasa sebesar 79% dengan kategori sangat baik dan aspek media sebesar 75% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis web yang dihasilkan sudah layak diuji cobakan dengan persentasi rata-rata sebesar 78% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: Pengembangan E-modul, Bahan Ajar, Gelombang Bunyi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:05
Last Modified: 24 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item