PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN PADA KONSEP SUHU DAN KALOR UNTUK MEMBEKALKAN HOTS PESERTA DIDIK DI SMAN KOTA BENGKULU (Research and Development)

Munawwara, and Desy, Hanisa Putri (2020) PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN PADA KONSEP SUHU DAN KALOR UNTUK MEMBEKALKAN HOTS PESERTA DIDIK DI SMAN KOTA BENGKULU (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MUNAWWARA SCAN (A1E016005).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan kelayakan dan karakteristik LKPD fisika berbasis predict observe explain pada konsep suhu dan kalor untuk membekalkan HOTS peserta didik di SMAN Kota Bengkulu. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Tahap define terdiri dari observasi, analisis dokumen LKPD, analisis kebutuhan dan studi literatur. Tahap design terdiri dari validasi dan revisi desain. Tahap develop terdiri dari validasi dan revisi LKPD. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN 1, 6 dan 8 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini adalah sebuah LKPD fisika berbasis predict obsrve explain pada konsep suhu dan kalor untuk membekalkan HOTS kepada peserta didik. Kelayakan LKPD ini menurut nilai rata-rata hasil uji validasi ahli pada aspek penyajian adalah 75%, aspek kelayakan isi 78% dan aspek kebahasaan 77% dengan nilai rata-rata keseluruhan 77% dalam kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah layak, dengan karakteristik LKPD antara lain: soal pada LKPD membekalkan kemampuan menganalisis dan mengevaluasi peserta didik, kegiatan praktikum berbasis tahapan predict observe explain, jawaban atau penyelesaian soal dan kegiatan praktikum membekalkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci: predict observe explain, konsep suhu dan kalor, HOTS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:05
Last Modified: 24 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item View Item