PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN QR CODE UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR PADA KONSEP FLUIDA STATIS (Research and Development)

Sari, Okta Briyanti Mila and Eko, Risdianto (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN QR CODE UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR PADA KONSEP FLUIDA STATIS (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kelayakan LKPD berbasis POE berbantuan QR code dan untuk mendeskripsikan LKPD berbasis POE berbantuan QR code yang telah dikembangkan untuk melatihkan keterampilan proses dasar pada konsep fluida statis. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R & D) dengan menggunakan metode penelitian 3D (define, design, develop). Peneliti membatasi penelitian ini sampai tahap develop yaitu revisi produk oleh validasi ahli. Pada LKPD tahap predict akan ditampilkan pada awal LKPD sebagai hipotesis awal sebelum melakukan percobaan. Tahap observe dilakukan percobaan untuk membuktikan hipotesis. Sedangkan pada tahap explain disajikan beberapa pertanyaan untuk membandingkan predict dan observe. Pada LKPD, QR code ditampilkan pada penjelasan alat dan bahan percobaan serta langkah percobaan. Hal ini supaya peserta didik lebih memahami kegiatan percobaan yang akan dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian oleh validasi ahli didapatkan nilai kevalidan 3,23 dalam kategori valid sehinggaL KPD berbasis POE berbantuan QR code layak digunakan di sekolah. Kata kunci: LKPD, POE, QR code, keterampilan proses dasar, fluida statis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:05
Last Modified: 24 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14603

Actions (login required)

View Item View Item