PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS BERBASIS MODEL MENTAL DAN BERPOLA MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF

Nababan, Rumaya and Nyoman, Rohadi (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS BERBASIS MODEL MENTAL DAN BERPOLA MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RUMAYA NABABAN (A1E016012).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran dibutuhkan sebagai sumber belajar agar proses kegiatan pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, mampu mengkontruksi pengetahuannya dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang efektif dan memiliki tujuan yang sama akan mampu mengembangkan motivasi siswa untuk aktif dalam belajar. Dalam penelitian ini menggunakan pengembangan yang berbasis model mental dan berpola model pembelajaran generatif dipandang mampu mengembangkan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas atau kelayakan perangkat pembelajaran getaran harmonis berbasis model mental dan berpola model pembelajaran generatif untuk diujicobakan. Aspek validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu format/ konstruksi, isi, dan bahasa. Perangkat pembelajaran akan dikatakan valid jika hasil penilaian para tim ahli menyatakan bahwa aspek perangkat pembelajaran mendukung pembelajaran dan komponen yang terkandung konsisten, serta menggunakan bahasa yang baik atau sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah 3-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (design). Persentase rata- rata penilaian dari data lembar validasi ahli terhadap RPP, Materi Ajar, LKS, dan Tes Hasil Belajar adalah . Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran mendapatkan penilaian dengan kriteria interpretasinya “sangat valid” sehingga dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan untuk diujicobakan. Kata Kunci: Model Mental, Pembelajaran Generatif, Getaran Harmonis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:06
Last Modified: 24 Aug 2023 02:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item